Analisis Depth News

 ANALISIS DEPTH NEWS

 


 

oleh:

Annas Tasya Azzahra Ramadhani      (22201241001)

Nurrohmah Hidayatun                        (22201241005)

Edisia Permata Nur Islami                  (22201241011)

Putri Meilia Sari                                  (22201241012)

Rosnindya Putri Alifiani                     (22201241020)

 

 

DEPARTEMEN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS BAHASA, SENI, DAN BUDAYA

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2023

 


PEMBAHASAN

 

  1. Pengertian Depth News

Depth News atau berita mendalam adalah berita yang dibuat dari pengembangan berita yang sudah ada sebelumnya. Berita yang telah ada akan dikupas kembali dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan. Bermula dari sebuah berita yang masih belum selesai pengungkapannya dan bisa dilanjutkan kembali (follow up system). Pendalaman dilakukan dengan mencari informasi tambahan dari narasumber atau berita terkait (Restendy, 2016: 3).

 

  1. Unsur Depth News

Sebuah berita yang baik harus memiliki unsur berita yang jelas. Berikut merupakan unsur-unsur yang ada dalam berita mendalam:

1)      Faktual

Faktual artinya bahwa berita informasi yang disampaikan harus berupa kenyataan dan dapat dibuktikan kebenarannya. Artinya, berita yang disampaikan bukan bentuk opini atau sesuatu yang berupa kebohongan dan dapat memprovokasi suatu pihak.

2)      Aktual

Aktual berarti bahwa berita informasi yang disampaikan sifatnya terbaru atau up yo date. Sebuah peristiwa yang diinformasikan sedang hangat-hangatnya dibicarakan oleh masyarakat.

3)      Seimbang atau netral

Seimbang atau netral artinya penyampaian berita itu benar-benar bertujuan untuk sekedar memberikan informasi saja. Jadi, di dalam sebuah berita tidak boleh ada yang memihak salah satu pihak saja.

4)      Peristiwa penting

Berita harus berisi tentang informasi penting yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, berita yang disampaikan juga harus bersifat edukatif. Dengan begitu, informasi tersebut bisa memberikan pengetahuan dan bermanfaat untuk masyarakat.

5)      Lengkap

Maksud dari lengkap ini adalah isi berita harus mengandung unsur 5W+1H. Namun, pada berita mendalam ini lebih ditekankan pada tiga unsur utama yakni:

·         What (Apa) : bagian ini membahas mengenai nama atau identitas yang sedang atau sudah terjadi di dalam sebuah peristiwa yang diberitakan.

·         Why (Mengapa) : bagian ini membahas tentang alasan atau mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Di mana unsur tersebut umumnya mencakup detail tentang penyebab dari sebuah peristiwa yang terjadi.

·         How (Bagaimana) : bagian ini biasanya membahas tentang bagaimana kondisi atau keadaan terjadinya peristiwa yang diberitakan.

 

  1. Struktur Berita

            Struktur teks berita adalah bagian yang membangun teks agar menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai berita. Struktur teks berita terdiri dari judul berita, kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita. Struktur teks berita digambarkan menyerupai piramida terbalik. Semakin ke bawah, semakin sedikit informasi yang disampaikan. Maka dari itu, penyampaian informasi secara lengkap hendaknya diletakkan pada bagian kepala berita dan tubuh berita. Berikut adalah penjelasan mengenai empat struktur berita:

1)      Judul Berita

Judul berita adalah kata kunci yang mewakili keseluruhan isi berita. Judul berisi tentang kejadian yang akan dibahas dalam berita. Judul berita ditulis dengan kalimat yang jelas, lugas, dan padat. Judul berita sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca teks berita yang disajikan atau menyimak berita yang akan disampaikan.

2)      Kepala Berita

Kepala berita adalah bagian awal sebuah berita yang memuat banyak informasi penting. Kepala berita berisi unsur berita yang disebut 5W+1H. Unsur 5W+1H yaitu mencakup What (Apa), Who (Siapa), Why (Mengapa), When (Kapan), Where (Dimana), dan How (Bagaimana). Kepala berita disebut juga sebagai teras berita, orientasi, atau lite.

3)      Tubuh Berita

Tubuh berita adalah bagian inti yang berisi penjelasan dan pembahasan mengenai informasi yang telah disampaikan pada bagian kepala berita. Pada bagian tubuh berita, terdapat jawaban atas pertanyaan dari beberapa unsur berita yaitu 5W+1H. Pada bagian ini juga terdapat topik utama dari seluruh paragraf.

 

4)      Ekor Berita

Ekor berita adalah bagian yang memuat informasi tambahan yang diperlukan dalam sebuah berita. Jika ekor berita tidak ada atau dihilangkan, maka tidak akan berpengaruh terhadap pokok berita. Sebab, keenam unsur berita sudah dijelaskan dengan lengkap pada bagian kepala berita dan tubuh berita.

 

  1. Ciri-Ciri Depth News

Berita yang memiliki kedalaman atau “depth news” memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan berita biasa atau berita ringan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama dari berita yang mendalam:

1)      Analisis mendalam

Berita mendalam menyajikan analisis yang lebih dalam tentang topik tertentu. Dalam berita ini tidak hanya memberikan fakta-fakta dasar, tetapi juga menjelaskan mengapa topik tersebut penting, apa implikasinya, dan bagaimana hal itu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan atau masyarakat.

2)    Wawancara dengan ahli

Berita yang mendalam seringkali mencakup wawancara dengan ahli atau pakar di bidangnya. Berita ini memberikan sudut pandang yang lebih dalam dan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik tersebut.

3)    Sumber yang diverifikasi

Berita mendalam cenderung mengutip sumber-sumber yang beragam dan terpercaya, termasuk penelitian, laporan pemerintah, saksi mata, dan pihak terlibat utama lainnya.

4)    Kesinambungan dan pembaruan

Berita mendalam seringkali mengikuti perkembangan isu tersebut seiring waktu dan memberikan pembaruan ketika informasi baru tersedia.

 

  1. Contoh Depth News

 

Mahasiswi UMY Ditemukan Tewas, Diduga Bunuh Diri Lompat dari Lantai 4 Asrama

Korban merupakan mahasiswi Ilmu Komunikasi UMY semester 1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berinisial SM (18 tahun) ditemukan meninggal dunia pada Senin (2/10/2023) di halaman belakang sayap kanan Gedung Y Unires Putri UMY, Dusun Ngebel, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul.

Korban diduga tewas karena bunuh diri dengan melompat dari lantai 4 gedung asrama. Korban merupakan mahasiswi Ilmu Komunikasi UMY semester 1 dan berasal dari Bandar Lampung.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan bahwa korban ditemukan oleh seorang dosen berinisial TN yang tengah mengerjakan tugas di ruangan Kantor Gedung Y Lantai Dasar Unires UMY. Saat itu ia mendengar suara sesuatu terjatuh dari gedung dan pergi ke luar untuk mengeceknya.

"Kemudian mengetahui korban dalam posisi tertelungkup ia mencoba kondisi korban, tapi tidak ada respons," ujarnya, Senin (2/10/2023).

Dosen itu kemudian meminta bantuan seorang petugas kebersihan untuk memindahkan korban ke atas meja di ruang belajar bersama lantai dasar Gedung Y. Kemudian satpam gedung berusaha menelepon ambulans namun karena tidak kunjung datang, maka bersama dosen TN berinisiatif membawa korban ke RS terdekat dengan menggunakan mobil milik dosen tersebut.

Korban dibawa dengan posisi korban bersama saksi 3 (satpam) di jok belakang dan dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Gamping. Pada saat pemeriksaaan di UGD, denyut nadi masih ada dan selang 10 menit disebutkan bahwa korban sudah meninggal dunia.

"Korban meninggal dunia dengan luka-luka kepala bagian belakang, luka dalam, patah kaki kiri bagian bawah, lecet-lecet pada kaki dan tangan," kata Jeffry.

Selanjutnya, tim Inafis Polres Bantul dan Piket fungsi Polsek Kasihan melakukan pemeriksaan. Hasilnya, korban diduga mengalami depresi karena sebelum kejadian malam harinya sempat meminum obat Bodrex langsung 20 butir.

Ini berdasarkan hasil temuan bekas bungkus di kamar. Selain itu, menurut keterangan teman sekamar asramanya, AS (19 tahun), korban berteriak menangis histeris, dan sempat ditolong dibawa ke RS untuk bantuan medis dan obat bodrex berhasil dimuntahkan.

"Dari voice note yang dikirim, korban berkeinginan mengakhiri hidup, dan setelah kembali ke asrama Unires, pagi harinya korban yang tidur di salah satu kamar di lantai 4, diketahui sudah jatuh ke bawah," kata Jeffry.

Saksi AS menuturkan bahwa korban kemungkinan melompat dari lantai 4, sebab pernah bertanya kemungkinan mati atau tidak apabila jatuh dari lantai setinggi itu.

"Sehingga dugaan korban bunuh diri karena depresi dengan lompat dari lantai 4 Unires dan membentur genting dan lantai konblok," katanya.


a)      Analisis Unsur Depth News

No

Unsur Berita Depth News

Analisis

1

Apa

Mahasiswa UMY ditemukan tewas, diduga bunuh diri lompat dari lantai 4 asrama.

2

Mengapa

Korban diduga mengalami depresi karena sebelum kejadian malam harinya sempat meminum obat bodrex langsung 20 butir.

3

Bagaimana

Korban ditemukan oleh seorang dosen berinisial TN yang tengah mengerjakan tugas di ruangan Kantor Gedung Y lantai dasar Unires UMY. Saat itu ia mendengar suara sesuatu terjatuh dari gedung dan pergi ke luar untuk mengeceknya dan mengetahui korban dalam posisi tertelungkup, lalu ia mencoba mengecek kondisi korban, tapi tidak ada respon. Dosen itu kemudian meminta bantuan seorang petugas kebersihan untuk memindahkan korban ke atas meja di ruang belajar bersama lantai dasar Gedung Y. Kemudian satpam gedung berusaha menelepon ambulans namun karena tidak kunjung datang, maka dosen TN berinisiatif membawa korban ke RS terdekat dengan menggunakan mobil miliknya. Korban dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Gamping bersama dengan saksi 3 satpam. Pada saat pemeriksaan di UGD, denyut nadi masih ada dan selang 10 menit dinyatakan bahwa korban sudah meninggal dunia. Korban meninggal dunia dengan luka-luka kepala bagian belakang, luka dalam, patah kaki kiri bagian bawah, lecet-lecet pada kaki dan tangan.


b)      Analisis Struktur Depth News

No

Struktur Berita Depth News

Ringkasan/Isi Berita

1

Judul Berita

Mahasiswa UMY Ditemukan Tewas, Diduga Bunuh Diri Lompat dari Lantai 4 Asrama.

2

Kepala Berita

Seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berinisial SM (18 tahun) ditemukan meninggal dunia pada Senin (2/10/2023) di halaman belakang sayap kanan Gedung Y Unires Putri UMY, Dusun Ngebel, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul. Korban diduga tewas karena bunuh diri dengan melompat dari lantai 4 gedung asrama. Korban merupakan mahasiswi Ilmu Komunikasi UMY semester 1 dan berasal dari Bandar Lampung.

3

Tubuh Berita

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan bahwa korban ditemukan oleh seorang dosen berinisial TN yang tengah mengerjakan tugas di ruangan Kantor Gedung Y lantai dasar Unires UMY. Saat itu ia mendengar suara sesuatu terjatuh dari gedung dan pergi ke luar untuk mengeceknya dan mengetahui korban dalam posisi tertelungkup, lalu ia mencoba mengecek kondisi korban, tapi tidak ada respon. Dosen itu kemudian meminta bantuan seorang petugas kebersihan untuk memindahkan korban ke atas meja di ruang belajar bersama lantai dasar Gedung Y. Kemudian satpam gedung berusaha menelepon ambulans namun karena tidak kunjung datang, maka dosen TN berinisiatif membawa korban ke RS terdekat dengan menggunakan mobil miliknya. Korban dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Gamping bersama dengan saksi 3 satpam. Pada saat pemeriksaan di UGD, denyut nadi masih ada dan selang 10 menit dinyatakan bahwa korban sudah meninggal dunia. "Korban meninggal dunia dengan luka-luka kepala bagian belakang, luka dalam, patah kaki kiri bagian bawah, lecet-lecet pada kaki dan tangan," kata Jeffry. Selanjutnya, tim Inafis Polres Bantul dan piket fungsi Polsek Kasihan melakukan pemeriksaan. Hasilnya, korban diduga mengalami depresi karena sebelum kejadian malam harinya sempat meminum obat bodrex langsung 20 butir. Ini berdasarkan hasil temuan bekas bungkus di kamar.

4

Ekor Berita

Selain itu, menurut keterangan teman sekamar asramanya, AS (19 tahun), korban berteriak menangis histeris, dan sempat ditolong dibawa ke RS untuk bantuan medis dan obat bodrex berhasil dimuntahkan. Dari voice note yang dikirim, korban berkeinginan mengakhiri hidup, dan setelah kembali ke asrama Unires, pagi harinya korban yang tidur di salah satu kamar di lantai 4, diketahui sudah jatuh ke bawah. Saksi AS menuturkan bahwa korban kemungkinan melompat dari lantai 4, sebab pernah bertanya kemungkinan mati atau tidak apabila jatuh dari lantai setinggi itu. Sehingga dugaan korban bunuh diri karena depresi dengan lompat dari lantai 4 Unires dan membentur genting dan lantai konblok.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis drama Orang-Orang Di Tikungan Jalan Karya W.S Rendra

Analisis Drama Kisah Cinta dan Lain-Lain karya Arifin C.Noer

Analisis Novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari