Penunda Rasa Lapar

 Bubur Kacang Hijau




Bubur kacang hijau atau biasa disebut dengan kata "Burjo" merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Burjo banyak dijual di pinggiran jalan dan mudah dijumpai di mana saja. Dilihat dari wujudnya, burjo hampir mirip dengan bubur yang terbuat dari nasi. Akan tetapi rasa dari burjo ini memiliki rasa yang manis, berbeda halnya dengan bubur nasi terkadang memiliki rasa gurih dan pedas. Biasanya penjual burjo membuka warungnya saat malam hari dikarenakan pada waktu itu kebanyakan orang ingin makan malam dengan makanan yang berkuah dengan rasa segar dan manis.

Burjo dapat dinikmati pada saat masih hangat maupun dingin dengan diberi es batu. Bahan-bahan untuk membuat burjo yaitu kacang hijau, gula merah, gula pasir, santan kental, air mineral, garam, jahe, daun pandan, susu atau sirup. Bahan yang diperlukan sangat sederhana dan cara untuk membuat burjo juga mudah untuk dilakukan. Cara yang pertama adalah mencuci kacang hijau sampai bersih lalu rendam selama satu jam, kemudian rebus dengan 1 Liter air hingga matang dan empuk. Kedua, rebus gula merah dan gula pasir dengan 500 Ml air dan tunggu hingga larut. Ketiga, setelah gula merah dan gula pasir larut dan mendidih, tuang ke dalam air rebusan kacang hijau dengan memakai saringan. Keempat, rebus kembali kacang hijau dan masukkan pula daun pandan serta santan, lalu aduk hingga merata. Kelima, masukkan jahe dan juga garam. Aduk hingga rata dan aduk hingga santan berbusa. Keenam, bubur kacang hijau siap dinikmati selagi masih hangat, apabila ingin dingin dapat menambahkan es batu dengan cara dihaluskan.

Apabila tidak ingin untuk makan nasi, orang-orang dapat memakan burjo dengan beli di warung burjo ataupun membuat sendiri. Bahan dan cara-cara untuk membuat burjo sangat mudah dan sederhana untuk bisa dilakukan di rumah dan disantap bersama keluarga. Kebanyakan anak muda saat ini senang untuk membeli burjo di warung burjonan dengan alasan harga yang sangat ramah di kantong. Meskipun makanan ini sangat sederhana, akan tetapi burjo tiada saingannya dengan makanan yang lain. Hal tersebut karena burjo sangat menguntungkan bagi banyak orang, seperti dapat membuat perut menjadi kenyang, harga yang relatif murah, dan mudah untuk dijumpai.

 

 

Komentar

  1. sepertinya enak jadi pengen sangat pas dinikmati dimusim kemarau yang hawanya panas pasti akan segar ketika memakannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis drama Orang-Orang Di Tikungan Jalan Karya W.S Rendra

Analisis Drama Kisah Cinta dan Lain-Lain karya Arifin C.Noer

Analisis Novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari